Wednesday, September 21, 2011

Jadilah manusia yang berkemanusiaan.

Apakah kita tahu? Lebih banyak pembunuhan di dunia ini yang mengatas namakan Tuhan daripada alasan lainnya.

Mungkin jika orang orang lebih berkemanusiaan daripada beragama, dunia akan lebih damai. Namun yang sering kita lihat di dunia sekitar kita justru sebaliknya, banyak orang yang saking beragamanya akhirnya menjadi tidak berkemanusiaan. Banyak perang, pembunuhan, tindakan anarkis yang didasari agama. Menurut saya yang bodoh ini, kebanyakan orang terlalu fokus pada agama sehingga mereka lupa esensi dari agama itu sendiri.
Mari coba kita letakkan seperti ini, Tuhan menciptakan manusia, kemudian Tuhan menciptakan agama untuk membuat hidup manusia baik.
Jadi apakah saya salah bila saya menyimpulkan bahwa yang Tuhan inginkan adalah menciptakan manusia yang baik? Berarti agama hanya merupakan sebuah alat untuk menciptakan manusia yang baik.
Jadi, janganlah hanya beragama atau membela agama, belalah tujuan dari agama, jadilah apa yang agama inginkan, jadilah manusia yang baik. Manusia yang mencintai sesamanya. Karena bila anda menjadi orang yang beragama tapi bukan manusia yang baik, anda hanyalah menjadi orang yang memiliki alat tetapi tidak bisa menggunakan alat itu dengan baik. Dan jangan gunakan alat yang baik itu untuk menyakiti sesama anda.


Jadilah manusia yang berkemanusiaan karena disaat kita tidak lagi berjuang untuk satu sama lain, disitulah kita telah kehilangan kemanusiaan kita.

No comments:

Post a Comment