Wednesday, May 25, 2011

Siapa Bilang Orang Indonesia Tidak Bisa Tertib?

Bila kita melihat hal hal yang terjadi di sekeliling kita terutama di Indonesia, banyak sekali kejadian dan peristiwa yang memang membuat kita berasumsi bahwa orang Indonesia tidak bisa tertib dan teratur.
Baru saja beberapa langkah memasuki jalan raya, kita akan menyaksikan lalu lintas yang dapat dibilang kacau, tidak teratur dan cenderung tidak manusiawi. Kenapa saya bilang tidak manusiawi? Karena banyak diantara para pengguna jalan yang bukan hanya melanggar rambu rambu, tapi juga melanggar hak orang lain sekaligus etika kesopanan. Ada yang memotong jalur orang lain, menggunakan jalur orang lain serta kejadian lainnya yang dapat teman teman saksikan sendiri.

Ketidak-tertiban seperti ini pun dapat dijumpai di tempat tempat lain misalnya tempat tempat umum, misalkan antrian pembelian tiket yang tidak berbaris, penumpang kereta api dan bahkan pesawat terbang yang berlomba lomba masuk duluan, bahkan kongres dan rapat lembaga negara pun bisa berlangsung ricuh serta contoh contoh lainnya. Hal yang paling sering kita jumpai adalah sampah yang dibuang sembarangan. Tidak adanya tempat sampah bukan berarti membenarkan membuang sampah sembarangan, itu sama saja menyalahkan orang lain atas perbuatan diri sendiri.

Hal hal semacam ini walaupun seringkali membuat kesal menjadi suguhan sehari hari bagi kita. Suatu ketika saya pernah melihat di Televisi ada seorang polisi ditanyai tanggapannya mengenai penertiban masyarakat dalam hal ini tentang berlalu lintas, dan polisi itu menjawab bahwa memang sulit untuk mentertibkan masyarakat dan memang butuh kesadaran dari masyarakat untuk tertib. Yang saya tangkap dari tanggapan tersebut adalah bahwa masyarakat Indonesia memang tidak bisa tertib bahkan dengan cara apa pun yang dilakukan oleh polisi dan atau pihak berwenang lainnya.

Ini sebenarnya cukup menggelitik saya, apakah iya memang orang Indonesia itu tidak bisa tertib dan atau ditertibkan? Bila kita pikirkan kembali, banyak sekali orang Indonesia yang tinggal di luar negeri dan apakah mereka menjadi orang orang yang tidak tertib dan tidak teratur di negara lain tempat mereka tinggal itu? Jawabannya tidak, orang orang Indonesia yang tidak tinggal di Indonesia dapat hidup dengan tertib dan teratur. Jadi apakah saya salah bila saya menyimpulkan bahwa orang orang di Indonesia tidak tertib dan tidak teratur bukan karena memang mereka begitu, tapi karena pihak pihak yang seharusnya mentertibkan dan mengatur tidak mampu untuk melaksanakan tugasnya? Bahwa yang salah bukan manusianya, tetapi sistemnya?

Buktinya, Orang Indonesia yang tinggal di negara lain nyatanya bisa tertib dan teratur.

No comments:

Post a Comment